Dalam kehidupan sehari-hari, istilah impressions kerap kali dipakai untuk menggambarkan atau menunjukkan kesan seseorang terhadap orang lain. Akan tetapi, dalam digital marketing pembahasan tentang impression salah satu indikator atau tolak ukur kesuksesan sebuah konten atau campaign tertentu untuk suatu produk atau jasa.
Lalu, apa sih sebenarnya impressions itu? Simak pembahasannya dalam artikel berikut ini!
Definisi Impressions
Berbicara tentang situs web atau akun media sosial, kemungkinan besar kamu pernah menggunakan atau mendengar istilah “impressions” beberapa kali. Istilah tersebut telah digunakan sebagai metrik pengukuran selama beberapa dekade untuk membantu marketer mencoba mengukur upaya mereka.
Sebelum membahas mengenai pentingnya impressions dalam pemasaran online dan cara mengukurnya, pertama-tama mari kita lihat definisi impressions yang berkaitan dengan terminologi marketing.
Impresssion adalah data yang digunakan untuk mengukur jumlah tampilan digital atau keterlibatan konten, biasanya iklan, pos digital, atau halaman web. biasanya juga disebut dengan istilah “tayangan”. Umumnya, impressions digunakan dalam iklan online, yang mengharuskan kamu untuk membayar biaya per tayangan.
Baca Juga: Tips Membangun Brand Awareness dan Manfaatnya Untuk Bisnis
Menghitung tayangan sangat penting untuk mengetahui bagaimana periklanan web diperhitungkan dan dibayar dalam Search Engine, serta mengukur kinerja kampanye media sosial
Tayangan atau impressions bukanlah ukuran apakah sebuah iklan telah diklik, tetapi berapa kali iklan itu ditampilkan atau memiliki potensi untuk dilihat pengunjung.
Impresions Dalam Digital Marketing
Secara umum, impression dalam digital marketing adalah titik di mana iklan dimuat di halaman web. Sebuah “impressions” mewakili peluang sebuah iklan untuk dilihat, didengar, atau memberi pengaruh pada calon konsumen. Di dunia nyata, impressions bisa diartikan sebagai sebagai papan reklame, atau diputar di latar belakang layar.
Di dunia digital saat ini, impression bisa berupa iklan atau tautan yang dimuat di situs web, halaman hasil mesin pencari (SERP), atau di feedback media sosial. Jenis pemasaran ini tidak didasarkan pada tindakan langsung seperti klik atau konversi.
Akan tetapi, biasanya digunakan untuk membangun brand awareness atau meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan. Caranya dengan memberikan tautan dan iklan dalam konteks yang relevan dengan merek atau konsep tersebut.
Dalam dunia digital marketing terdapat fitur impressions tracking yang secara signifikan lebih baik daripada iklan offline. Misalnya, pemilik papan iklan atau reklame tidak memiliki cara konkret untuk memperkirakan jumlah tayangan yang diberikan platformnya kepada pengiklan.
Namun iklan online selain berbasis tayangan, di sisi lain, juga dapat mengukur impressions secara konkret, dan umumnya dijual dalam hal biaya per seribu tayangan (BPS).
Impression tracking adalah fitur umum untuk mengukur kinerja sebagian besar jenis kampanye iklan online, termasuk di antaranya:
- Tayangan bayar per klik, diukur terhadap klik sebenarnya
- Berapa kali konten tersebut muncul di media sosial
- Pengunjung yang CTA (Calls-To-Action)
- Akses materi grafis melalui situs pihak ketiga, seperti Pinterest atau Google Image Search
Jenis-Jenis Impressions
Yang harus kamu pelajari jika ingin mengenal impression digital marketing adalah dengan mempelajari jenis-jenisnya, di antaranya sebagai berikut:
Impression yang Ditayangkan (Served Impressions)
Saat ini, standar untuk melacak tayangan online didasarkan pada konten yang ditayangkan, yaitu setiap kali file terkait pemasaran diakses dan dikirimkan, Aktivitas tersebut dihitung sebagai impression. Ini sangat mudah dilacak karena bergantung pada data server murni untuk menghitung impressions.
Menghitung served impressions masih memiliki beberapa permasalahan, karena sulit untuk mengetahui seberapa besar dampak konten tanpa analisis data yang lebih dalam. Juga, dalam beberapa kasus, file dapat diakses tanpa dapat dilihat oleh konsumen.
Akibatnya, bisnis e-commerce yang umumnya harus membeli iklan berbasis tayangan seperti iklan bergambar, harus menerapkan sistem yang lebih akurat untuk mengukur impressions. Standar tayangan terlihat yang baru berupaya mengatasi permasalahan ini.
Tayangan Terlihat (Viewable Impressions)
Metode tayangan terlihat menggunakan data yang dikumpulkan dari perangkat pengguna untuk menyaring jumlah tayangan dengan mengecualikan kasus di mana kemungkinan besar, konten tidak terlihat.
Dengan melakukan pelacakan tayangan terlihat, kamu dapat mengidentifikasi perilaku pengguna yang mencegah penayangan iklan, termasuk di antaranya:
- Sotware pemblokiran iklan
- Resolusi layar terlalu kecil untuk menampilkan iklan di layar.
- Pengguna scroll ke bawah sebelum iklan yang diminta dimuat.
- Plug-in yang rusak mencegah tampilan konten.
- Terdapat perangkat yang tidak cocok seperti situs web khusus desktop.
- Browser windows yang diperkecil.
- Pergerakan pengguna antara aplikasi yang berbeda.
- Halaman dimuat di tab latar belakang kemudian tidak pernah diakses.
- Gangguan non-user, seperti iklan penyelubungan malware
Manfaat yang bisa kamu peroleh dari pelacakan tayangan terlihat ada dua. Pertama, kamu bisa menerima informasi yang lebih akurat tentang jumlah tayangan aktual yang dibuat. Kedua, data yang dikumpulkan dapat ditindaklanjuti untuk keperluan perbaikan sehingga kamu lebih mudah untuk meningkatkan rate konten kamu.
Cara Mengukur Impressions
Pembasahan tentang mengenal digital impressions selanjutnya adalah bagaimana cara mengukurnya. Biasanya, ukuran impressions adalah biaya per seribu (BPS), di mana seribu mengacu pada 1.000 tayangan (atau biaya per seribu).
Iklan spanduk mungkin memiliki CPM $5, artinya pemilik situs web menerima $5 setiap kali iklan di situs webnya ditampilkan 1.000 kali. Pemilik situs web akan dibayar untuk setiap tayangan iklan.
Pengaturan periklanan lainnya hanya dapat membayar pemilik situs web ketika pengunjung mengklik iklan, atau mengklik iklan dan melakukan pembelian. Umumnya, pengiklan membayar lebih sedikit untuk kampanye iklan hanya berdasarkan tayangan dan lebih banyak untuk kampanye berdasarkan klik-tayang dan konversi.
Alasan perbedaan tarif pembayaran ini adalah bahwa iklan yang menyebabkan pengunjung tertarik atau tersugesti. Hal tersebut tentu akan menghasilkan penjualan lebih bernilai bagi pengiklan daripada yang tidak.
Selain itu, Impressions juga berguna saat menjalankan kampanye hubungan masyarakat yang dirancang untuk membangun citra atau menciptakan kesadaran tentang perusahaan atau produk.
Karena inilah, digital marketing impression sangat penting untuk dipahami oleh para digital marketer. Misalnya, jika kamu memposting konten di blog kepada 100 followers kamu di Facebook, jangkauan kamu akan menjadi maksimum 100.
Bahkan jika salah satu followers kamu melihat konten lagi dari seorang teman yang berbagi posting yang sama, maka impression kamu akan meningkat, walaupun mereka pernah melihatnya sebelumnya.
Cara untuk Meningkatkan Impressions

Untuk mengenal digital marketing impressions, kamu juga harus paham tentang bagaimana cara agar impressions kamu meningkat. Berikut ini beberapa tipsnya:
Kamu Harus Memahami Target Audiens
Jika jangkauan konten kamu bertambah, maka secara otomastis kesadaran pengguna terhadap brand kamu juga ikut bertambah. Jadi penting untuk kamu memperluas jangkauan konten.
Hal ini karena, walaupun kamu telah memperoleh 1.000 tayangan, bukan berarti semuanya langsung terrtarik dengan brand kamu. Supaya impressions kamu meningkat, maka tipsnya adalah memperhatikan jenis konten apa saja yang sedang menjadi tren dengan cara melacak engagement dari konten-konten itu.
Mengalisis Metrik Engagement Secara Berkala
Apabila impressions meningkat, itu artinya konten tersebut sudah dioptimasi dengan baik sesuai target. Namun jika tidak demikian, maka perhatikan bagaimana caramu menyebar konten tersebut apakah sudah sesuai dengan platform atau belum.
Untuk itu, tips selanjutnya adalah kamu harus rutin menganalisis metrik engagement agar konten yang kamu share lebih efektif, sehingga meningkatkan impressions konten tersebut.
Nah, itu tadi sedikit penjelasan artikel tentang mengenal impression digital marketing yang bisa jadi referensi kamu. Semoga bermanfaat!
Kalau Anda sedang membutuhkan layanan digital marketing, Anda bisa bekerjasama dengan Buzzup.id. Dapatkan layanan mulai dari web development, SEO, Digital Ads, Sosial media, dan layanan digital lainnya.