Marketing

5 Rekomendasi Software Komputer untuk Desain Grafis Terpopuler 2022

Source: Dhandhokaro.com
Software Komputer untuk desain

Memilih software komputer untuk desain grafis yang tepat sangat penting jika kamu ingin membuat gambar dan desain berkualitas tinggi. Dari membuat logo dan ilustrasi, hingga mengedit foto dan desain web, software atau aplikasi desain grafis terbaik dapat membantu kamu untuk menghasilkan gambar desain yang bernilai.

Tapi, software PC apa saja yang recommended untuk mendesain? Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan beberapa rekomendasi seputar 7 perangkat lunak desain grafis terbaik dan pastinya cocok untuk pemula maupun profesional.

5 Rekomendasi Software Komputer untuk Desain Grafis

Software Komputer untuk Desain Grafis
Sumber: Pexels

Bila kamu terjun di bidang desain grafis, pasti mengetahui bahwa ada banyak pilihan software PC untuk mendesain yang bisa kamu gunakan. Namun, dalam memilih software yang tepat, sebaiknya kamu sesuaikan dengan kebutuhan desain kamu. Nah, buat kamu yang mencari rekomendasi software desain grafis, berikut ini ulasannya:

1. Adobe Photoshop

Jika kamu mencari perangkat lunak desain grafis terbaik untuk kebutuhan mendesain, kami sangat merekomendasikan Adobe Photoshop. Kerap menjadi pilihan para profesional, software ini punya sederet fitur unggulan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat gambar dan desain dengan hasil yang memuaskan. 

Baca Juga: Pengertian Desain Grafis, Tugas Graphic Desainer dan Keahliannya

Kamu bisa menggunakan software ini untuk mendesain situs web, ilustrasi, gambar 3D, ikon, poster, spanduk, dan painting. Adobe Photoshop juga hadir dalam bentuk aplikasi seluler yang dapat membantu fotografer dalam meningkatkan dan menciptakan efek dalam gambar. 

Tools-nya yang lengkap menjadikan Adobe Photoshop sebagai solusi pengeditan yang andal untuk foto, gambar, dan desain grafis. Seperti brush smoothing, akses ke foto Lightroom, kontrol masking luminance, filter, layer management, dan banyak lagi tools lainnya. Untuk harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp. 448.476 per bulan.

2. Crello

Mau rekomendasi software PC untuk keperluan mendesain materi pemasaran? Jika iya, kamu bisa menggunakan Crello. Software komputer untuk desain yang satu ini memiliki tools yang user friendly dan multifungsi untuk membuat konten visual untuk posting media sosial, web, dan materi pemasaran cetak. 

Crello juga menyediakan berbagai macam template desain logo. Software ini memungkinkan kamu untuk membuat gambar, video, dan animasi yang indah dan dapat dikustomisasi untuk memenuhi semua kebutuhan marketing kamu.

Dengan lebih dari 30.000 template profesional yang tersedia di Crello, kamu bisa mendapatkan akses ke perpustakaan media yang berisi foto, video, grafik, dan desain animasi premium. Jadi, jika kamu seorang desainer pemula, Crello bisa jadi software yang cocok untuk keperluan posting dan iklan di medsos, website bisnis, atau blog kamu. 

Sebagian besar instrumen Crello gratis, namun  untuk unlimited download dan beberapa fitur tambahan, kamu bisa upgrade ke paket Pro seharga Rp. 119.843 per bulan. Sangat terjangkau, bukan?

3. Adobe Illustrator

Software ini tergolong mudah digunakan, dengan antarmuka yang sangat user friendly. Umumnya, Adobe Illustrator lebih disukai oleh desainer grafis dan ilustrator untuk membuat grafik vektor. 

Tools yang lengkap Preset desain bawaan, template, dan brush di Adobe Illustrator memungkinkan kamu untuk membuat desain, sketsa, ilustrasi, dan topografi yang cermat dan cepat. Soal harga, software ini tersedia dalam tarif yang bervariasi, mulai dari Rp. 449.826 per bulan.

4. CorelDraw Graphic Suite

Platform ini membantu kamu menghasilkan gambar, desain, dan grafik dengan berbagai tools yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dari berbagai sektor. Antarmuka yang dirancang khusus ini menjadikannya software yang mudah digunakan. 

CorelDraw memberi kamu semua fitur tingkat profesional untuk membuat ilustrasi, logo, dan materi pemasaran. Ini bisa jadi software desain yang bagus untuk kamu yang ingin membuat grafik berbasis vektor. 

Versi lengkap CorelDraw Graphic Suite seharga Rp. 7.484.600 untuk sekali bayar, sedangkan paket tahunan perusahaan dibanderol Rp. 311.233 per bulan. Meski agak mahal, kamu tidak perlu khawatir karena versi lengkapnya memiliki jaminan uang kembali 30 hari.

5. Adobe Indesign

Software ini digunakan khusus untuk membuat dan mempublikasikan dokumen untuk media cetak dan digital, seperti eBook, majalah digital, PDF interaktif, poster, dan selebaran. Adobe Indesign punya jajaran tools yang membantu seniman berkolaborasi dengan penulis dan editor. 

Mereka bisa berbagi teks, warna, grafik, bentuk, dan lainnya untuk memfasilitasi alur kerja. Selain itu, pengguna diberikan akses ke Creative Cloud Library. 

Baca Juga: 5 Tips Desain Instagram agar Konversi dan Makin Ciamik

Software ini juga dipersenjatai dengan tools seperti paragraph borders, master pages, font, PDF enhancements, dan catatan akhir yang sangat diperlukan untuk desainer grafis. Harga software komputer untuk desain grafis ini cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp. 430.097 per bulan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi software komputer untuk desain grafis yang populer di kalangan desainer pemula maupun profesional. Di antara salah satu daftar di atas, adakah yang memenuhi syarat dan kebutuhan desain kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *