Jika Anda sedang memiliki produk yang ingin dipasarkan tapi bingung dengan cara memasarkannya maka mengapa tak mencoba Whatsapp Business saja. Cara mempromosikan produk di WhatsApp cukup praktis dan mudah digunakan oleh siapapun. Meskipun para pelaku usaha lebih banyak yang memanfaatkan Instagram, Facebook hingga Twitter untuk berbisnis, faktanya WhatsApp Business juga termasuk platfom sosial media yang paling efektif dalam menggaet banyak konsumen.
Karena termasuk jenis sosial media yang paling banyak dan aktif digunakan, WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan lebih banyak. Tentu Anda pun akan dapat terhubung secara lebih cepat kepada pelanggan. Secara tidak langsung, WhatsApp Marketing akan meningkatkan penjualan produk Anda.
Pengertian WhatsApp Business
Sebelum membahas cara mempromosikan produk lewat WhatsApp Business, mari membahas pengertiannya lebih dulu. WhatsApp Business sendiri merupakan salah satu jenis aplikasi dari WhatsApp yang dibuat dengan tujuan kebutuhan bisnis penggunanya.
Dengan menggunakan WA Business maka Anda pun akan lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen, memasarkan produk hingga menjawab berbagai pertanyaan dari konsumen terkait bisnis yang dipasarkan.
Baca Juga: 7 Cara Promosi di Whatsapp Marketing yang Mudah untuk Tingkatkan Penjualan
Hingga hari ini, WA Business telah diunduh oleh para pemilik usaha termasuk para pelaku usaha kecil dan menengah. Tidak bisa dipungkiri jika kehadiran WA Business telah membantu ratusan bahkan ribuan pebisnis pemula tanah air dalam menemukan pasarnya.
Cara Mempromosikan Produk di WhatsApp
Berikut merupakan beberapa tahap penting yang akan Anda lalui saat memasarkan produk lewat WA Business.
Buat rencana dan target
Seperti halnya jenis bisnis lainnya, Anda juga harus membuat rencana serta target pasar sebelum benar-benar terjun ke lapangan. Dengan memiliki planning yang baik maka bisnis Anda pun akan lebih terstruktur dan terarah.
Akan lebih baik jika Anda memiliki target promosi atau segmen pasar yang diinginkan. Jika Anda bergelut dalam bidang fashion kekinian misalnya maka cobalah menyasar kalangan milenial atau anak muda. Dengan memiliki segmen dan target pasar yang jelas maka bisnis Anda pun akan lebih terarah. Secara tidak langsung, hal ini juga akan meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli produk Anda.
Fokus membuat konten edukasi
Kehadiran fitur story pada WA dapat Anda manfaatkan sebagai media edukasi dam informasi kepada komsumen. Hadirkanlah informasi yang menarik terkait produk yang Anda pasarkan. Semakin menarik dan kreatif konten-konten produk Anda maka semakin banyak pula konsumen yang tertarik untuk membelinya.
Membuat konten yang relevan
Jangan lupa untuk membuat konten yang relevan atau sesuai dengan kebutuhan konsumen. Jika produk Anda bergerak di bidang kuliner maka pasarkanlah konten-konten yang berbau kuliner. Anda bisa membagikan jenis-jenis makanan yang kekinian hingga resep rahasia dibalik keunikannya.
Konten saja tak cukup tanpa adanya ide kreatif di dalamnya. Buatlah konten dengan desain dan gaya bahasa yang semenarik mungkin. Dengan begitu konsumen pun akan lebih penasaran dengan produk-produk Anda.
Dengan menghadirkan konten yang menarik serta relevan dengan konsumen maka tingkat persentasi ketertarikan pelanggan terhadap produk Anda pun dapat meningkat.
Customer support
Pastikan pula untuk menyediakan customer support untuk melayani kebutuhan para pelanggan dan calon pelanggan Anda. Secara umum, WA Business telah menyediakan fitur pesan berbasis multimedia yang dipersonalisasi dengan menggunakan teks, audio hingga video.
Kehadiran customer support tidak boleh Anda abaikan, mengingat pelanggan akan terus membutuhkan bantuan terkait berbagai produk yang Anda jual.
Membuat grup
WA Business juga memiliki fitur grup chat. Di dalam grup ini, Anda akan lebih mudah memasarkan produk ke konsumen. Silahkan membuat grup khusus untuk beberapa kalangan pelanggan Anda misalnya grup khusus resseler atau grup khusus pelanggan di daerah tertentu.
Menggunakan kalimat menarik
Pastikan untuk menggunakan copywriting yang baik serta tepat sasaran saat mempromosikan produk Anda. Jadi, selain membagikan gambar produk Anda juga menyertakan teks di dalamnya. Pilihlah kata-kata yang simple tapi tetap melekat bagi pelanggan. Pastikan untuk tidak asal dalam membuat kalimat promosi. Kalimat asal-asalan justru bisa mengurangi daya tarik dari produk Anda.
Jika bingung untuk membuat kata-kata promosi yang tepat sasaran cobalah mengawalinya dengan kisah awal bisnis Anda dirintis. Tak ketinggalan, tambahkan pula keunikan dan kelebihan dari produk yang Anda tawarkan.
Membuat status
Fitur story pada WA tak hanya memungkinkan Anda untuk membagikan foto dan teks saja, Anda pun juga bisa membagikan video promosi produk-produk yang dijual. Anda bisa membuat tiga story berupa video yang di dalamnya telah dibagi ke dalam tiga bagian. Video pertama bisa dimulai dengan memperkenalkan bisnis atau brand, video kedua memasukkan video produk dan yang terakhir ialah mengenai keunikan, kelebihan hingga harga yang Anda tawarkan.
Dengan rutin mengunggah status baik itu berupa teks, gambar hingga video maka produk-produk Anda pun akan semakin sering dilirik oleh banyak pelanggan. Semakin menarik konten produk Anda maka semakin besar pula mendapatkan pelanggan dalam jangkauan yang lebih luas.
Baca Juga: 8 Cara Membuat Campaign Online untuk Promosi Produk
Melakukan blast WhatsApp
Tak hanya mengirim pesan lewat grup, Anda juga bisa mengirimkan pesan keseluruh kontak dengan menggunakan blast WA. Kehadiran blast WA akan mampu menjalin komunikasi yang lebih baik dan lebih intens kepada pelanggan. Blast WA juga dianggap lebih efisien dalam meningkatkan ketertarikan konsumen jika dibandingkan menggunakan fitur story saja.
Oleh sebab itu, mempromosikan produk akan semakin maksimal jika Anda memanfaatkan semua fitur-fitur ini. Akan tetapi, gunakanlah blast WA secara lebih profesional. Jangan pernah melakukan spam kepada para pelanggan. Hal ini hanya akan membuat pelanggan kesal dengan jenis konten yang isinya itu-itu saja.
Gunakan nomor khusus
Meskipu tidak terlalu berpengaruh, akan tetapi memiliki nomor khusus untuk bisnis akan membuat Anda lebih fokus untuk berjualan. Gunakanlah nomor pribadi Anda untuk tujuan pribadi seperti hanya untuk kebutuhan keluarga saja sedangkan nomor khusus bisnis lebih fokus untuk kebutuhan pemasaran bisnis Anda.
Perlu Anda tahu, menggunakan WhatsApp Business juga akan semakin memudahkan Anda untuk berjualan. Di dalamnya terdapat fitur katalog, alamat hingga pesan otomatis yang bisa Anda gunakan untuk keperluan marketing.
Buat Katalog Produk

Source: www.qiscus.com
Buatlah katalog produk yang akan lebih memudahkan konsumen dalam memilih produk-produk yang akan mereka beli. Katalog produk sendiri sudah bisa menampung sekitar 500 item sesuai kategorinya. Dengan demikian, para konsumen akan lebih praktis saat mencari produk yang dibutuhkan.
Kesimpulan
Meskipun paltform Instagram hingga Facebook lebih populer digunakan dalam mempromosikan produk, akan tetapi tidak bisa dipungkiri jika kebanyakan masyarakat juga tidak lepas dari platform WA. Oleh sebab itu, WA tetap menjadi salah satu sosial media yang cukup efektif dalam mempromosikan produk.
Cara mempromosikan produk di WhatsApp juga tidak cukup sulit seperti kebanyakan platform sosial media lainnya. Terlebih itu, hampir semua kalangan juga memiliki WA dibandingan dengan platform sosial media lainnya. Jadi, jika Anda ingin memasarkan produk secara lebih efektif maka tak ada salahnya memanfaatkan WhatsApp Business ini.