User Generated Content (UGC) merupakan konten yang dihasilkan oleh konsumen atau pengguna, seperti ulasan atau testimoni yang berkaitan dengan produk atau layanan suatu bisnis. Konten ini berasal dari pengalaman nyata konsumen, bukan dari konten yang dibuat oleh brand atau bisnis pada umumnya.
Dalam dunia bisnis, keaslian konten menjadi elemen penting. Menurut data dari Stackla, 9 dari 10 orang menganggap keaslian konten dapat memengaruhi konsumen dalam memilih brand yang akan digunakan.
Baca juga : Facebook Blueprint: Belajar Facebook Ads Lebih Dalam
Dengan demikian, UGC dapat membantu konsumen melihat review produk sebelum membelinya, memperkuat keyakinan mereka, dan bagi bisnis, UGC membantu membangun kepercayaan, meningkatkan kredibilitas brand, serta meningkatkan keterlibatan konsumen dan jangkauan promosi bisnis.
Contoh Penggunaan UGC untuk Bisnis
Setelah memahami konsep UGC, berikut beberapa contoh penggunaan UGC untuk bisnis di berbagai platform media sosial.
1. Website
Pada website, kamu dapat memuat foto dan ulasan positif dari pelanggan yang puas dengan produk atau layanan kamu. Sebagai contoh, situs Dewaweb menampilkan beberapa ulasan dari pengguna yang telah menggunakan layanan hosting dan domain Dewaweb.
2. Instagram
Di Instagram, bisnis dapat mencari postingan pelanggan yang menggunakan produk kamu dan membuat UGC. Kemudian, kamu bisa membagikan ulang postingan tersebut di akun Instagram dengan menyebut nama pengguna serta menambahkan caption yang menceritakan pengalaman positif pelanggan dengan produk tersebut.
3. TikTok
Contoh penggunaan UGC pada TikTok dapat berupa video unboxing atau ulasan produk yang dibuat oleh pengguna. Jika ada video yang positif, kamu dapat mengambil klip dari video tersebut dan membagikannya di akun TikTok kamu.
4. YouTube
Pada platform YouTube, kamu dapat mencari ulasan produk yang dibuat oleh YouTuber terkenal terkait produk kamu. Jika mereka memberikan ulasan positif, kamu dapat membagikan video tersebut di kanal YouTube atau memasukkan klip dari ulasan tersebut pada iklan bisnis kamu.
5. Platform Lain
Jika bisnis aktif di platform lain seperti X, kamu dapat memantau thread yang berkaitan dengan industri atau produk mereka. Jika ada ulasan atau komentar positif tentang produk mereka, bisnis dapat membagikannya di platform media sosial mereka, seperti situs web atau media sosial lain.
Kenapa UGC itu Penting bagi Bisnis?
Mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya, mengapa user generated content sangat penting untuk bisnis? Bukankah banyak opsi lain seperti memasang iklan di media sosial, bekerja sama dengan public figure, atau menggunakan selebriti sebagai brand ambassador?
Opsi tersebut memang sah untuk dilakukan, namun ada beberapa alasan mengapa UGC dapat menjadi kunci perkembangan bisnis digital kamu, diantaranya sebagai berikut.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness adalah sejauh mana produk kamu dikenali oleh konsumen. Salah satu yang dapat meningkatkan kesadaran merek adalah UGC. Apabila terdapat pelanggan yang membuat ulasan tentang produk kamu yang mereka beli, maka akan ada lebih banyak orang yang mengenali produk tersebut. Ini akan membantu menarik lebih banyak pelanggan dan membuat mereka terus membeli produk kamu.
2. Meningkatkan Traffic Organik
Ketika konsumen kamu membuat UGC, postingan mereka akan me-mention akun Instagram bisnis kamu. Dari postingan tersebut, kamu akan menjangkau target pasar yang lebih luas. Apabila user tersebut tertarik, mereka akan mengklik mention-an brand kamu dan menggali lebih dalam produk tersebut. Dari sinilah akun kamu bisa mendapatkan traffic secara organik.
3. Memberikan Sumber Konten yang Autentik
Konsumen lebih mempercayai ulasan atau review yang berasal dari pelanggan langsung. UGC memberikan ulasan yang jujur, baik itu suka atau duka. Konsumen yang membuat UGC juga tidak diberi bayaran apa-apa, sehingga ulasan mereka adalah autentik dan sesuai fakta. Mereka yang menemukan postingan UGC akan tumbuh rasa percaya pada produk tersebut.
Baca juga : Manfaat dan Peran Algoritma Instagram dalam Dunia Sosial Media
4. Memperkuat Digital Presence
Tampil atau muncul di platform digital seperti website dan media sosial merupakan hal yang penting. Digital presence merupakan faktor penting dalam memperkuat kehadiran online. Dengan mendapatkan UGC dari konsumen, peluang produk kamu tampil di internet akan lebih besar dan semakin memperkuat digital presence.