Ketika Anda menjadikan media sosial, terutama Instagram sebagai media bisnis ataupun ladang Anda dalam mencari penghasilan, maka engagement adalah hal yang umumnya akan jadi salah satu fokus utama. Dalam digital marketing sendiri, engagement yang tinggi pada akun Instagram akan memberikan dampak positif dalam mewujudkan tujuan digunakannya akun tersebut. Nah, salah satu yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan engagement adalah membuat caption Instagram menarik!
Bisa dibilang, caption Instagram adalah salah satu kunci dari kesuksesan konten yang Anda sajikan di Instagram, bukan hanya sekedar pelengkapan dari postingan Anda. Caption dapat menjadi sarana untuk Anda menyampaikan konteks serta citra yang ingin ditunjukkan atau disampaikan lewat foto ataupun video yang Anda bagikan.
Tanpa caption yang menarik, orang malah seringkali enggan membacanya. Padahal bisa saja Anda ingin menyampaikan maksud tertentu lewat caption. Karena itulah, berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan engagement dengan membuat caption Instagram menarik.
1. Mengenal target atau audiens Anda
Untuk membuat caption yang menarik, tentu Anda harus mengenali target atau audiens Instagram Anda. Alasannya, Anda akan lebih mudah dalam membuat strategi yang tepat sesuai kebutuhan audiens. Ini tentunya akan berpengaruh pada kepentingan bisnis, karena strategi Instagram marketing yang baik merupakan strategi yang bisa ‘ramah’ pada kebutuhan audiens.
Dengan kata lain, ketika strategi Anda ini dianggap suatu yang penting atau relate dengan kebutuhan audiens, maka mereka tidak akan segan-segan untuk melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis Anda, misalnya untuk menyukai, membagikan, mengomentari ataupun menyimpan postingan Anda, bahkan hingga melakukan pembeli atau mengikuti campaign yang Anda buat di akun Instagram tersebut.
Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Akun Bisnis Instagram
2. Perhatikan pemilihan bahasa dengan brand personality
Membuat caption Instagram yang menarik bukan berarti melupakan brand personality yang Anda miliki. Misalnya, ketika Anda mengelola akun perusahaan memiliki brand personality yang serius, gunakan bahasa yang formal, namun tetap mudah dimengerti.
Begitupun ketika Anda mengelola akun yang memang punya citra yang santai, maka gunakanlah bahasa sehari-hari yang ringan.
Hal ini juga bisa berarti sebaliknya. Maksudnya adalah, pemilihan bahasa yang Anda gunakan dalam caption, akan menunjukkan bagaimana citra atau personality yang akan ditampilkan dan diterima audiens. Jadi, ketika Anda ingin membangun brand personality yang serius, maka gunakan bahasa formal, dan ketika ingin menampilkan personality yang santai, maka gunakanlah bahasa yang ringan.
3. Tidak perlu caption panjang, namun harus to the point
Meskipun caption disebut sebagai salah satu kunci dari kesuksesan konten yang Anda buat, namun tidak sedikit juga orang yang mengabaikan caption bila ia merasa caption tersebut terlalu bertele-tele, bahkan menghabiskan waktu mereka.
Nah, karena alasan inilah, sebaiknya Anda menuliskan caption yang singkat, namun jelas dan to the point. Dengan kata lain, caption tetap harus dibuat untuk dapat mendukung tujuan dibuatnya konten serta menyampaikan konteks yang diperlukan.
Namun bila memang diperlukan untuk menuliskan caption yang panjang, maka pastikan kalau caption dibuat semenarik mungkin agar dapat menggugah perhatian audiens untuk membacanya sampai habis.
Jangan lupa juga mengecek setiap pilihan kata, jangan sampai ada yang salah penulisan, ya!
4. Kalimat pertama harus bisa mencuri perhatian audiens!
Bagaimana audiens Anda akan membaca caption yang Anda buat hingga selesai, bila kalimat pertama yang Anda tuliskan saja sudah tidak menarik bagi mereka?
Apalagi pada caption Instagram, sebelum Anda mengklik ‘more’ atau ‘lainnya’, maka caption yang terlihat hanyalah kalimat-kalimat awal. Untuk membuat caption Instagram yang menarik audiens untuk terus membacanya hingga selesai, Anda perlu menuliskan kalimat awal yang menggugah.
5. Gunakan Call-to-Action (CTA)
CTA adalah salah satu strategi digital marketing yang digunakan untuk mengajak audiens melakukan tindakan tertentu, seperti menyukai, membagikan, berkomentar ataupun menyimpan postingan Anda, hingga melakukan tindakan lain seperti melakukan pembelian dan sebagainya.
Penting untuk menggunakan CTA ini dalam caption Instagram yang Anda buat, sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, ketika Anda ingin audiens Anda mengomentari postingan Anda, maka gunakan CTA berupa “Bagaimana menurutmu tentang produk ini? Berikan pendapat di kolom komen ya!” dan sebagainya.
Baca Juga: Apakah Instagram Penting bagi Pelaku Bisnis? Cek Jawabannya di Sini!
6. Menggunakan hashtag
Hashtag atau tagar dalam caption Instagram juga terbilang penting untuk Anda gunakan. Pilih hashtag yang relevan dengan konten Anda.
Hashtag ini nantinya akan mengumpulkan konten serupa, dan membuat postingan Anda berpotensi untuk muncul pada halaman search serta explore. Dengan begitu, mereka yang bukan followers pun akan melihat postingan Anda, dan jadi tau tentang akun atau bisnis Anda.
Itulah beberapa tips membuat caption Instagram yang menarik untuk bisa meningkatkan engagement dari akun Instagram yang Anda kelola.