Sebagai pebisnis, website company profile adalah hal yang penting untuk Anda miliki. Karena, website ini akan lebih memudahkan banyak orang menemukan bisnis Anda. Memiliki website pun akan memberikan citra yang baik untuk bisnis yang Anda jalani. Karena itulah, Anda harus memastikan kalau situs yang Anda miliki adalah website company profile terbaik.
Sebelum mengetahui cara membuat website company profile terbaik, berikut ini adalah beberapa hal penting yang juga harus diketahui oleh pebisnis.
Apa Itu Website Company Profile?
Website company profile adalah sebuah website yang akan menampilkan profil perusahaan ataupun bisnis Anda dengan mendetail. Jadi, segala informasi tentang perusahaan atau bisnis Anda tersedia di sana, sehingga akan memudahkan calon pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan dan bisnis Anda. Bukan hanya untuk calon pelanggan atau klien saja, namun juga berguna untuk mitra bisnis ataupun calon investor.
Ada beberapa fungsi dari website company profile bagi perusahaan atau bisnis, yaitu memberikan gambaran umum mengenai perusahaan atau bisnis, menampilkan informasi-informasi mengenai produk atau jasa yang Anda jual, menunjukkan kredibilitas perusahaan dan bisnis Anda, membuka peluang bisnis jadi lebih besar, serta pastinya untuk menarik para calon pelanggan.
Komponen Website Company Profile
Untuk membuat website company profile terbaik, Anda juga harus tau apa saja komponen di dalamnya. Beberapa hal berikut ini seharusnya dan biasanya memang dicantumkan dalam situs company profile sebuah perusahaan:
- Detail tentang perusahaan; seperti nama perusahaan, alamat, informasi kontak dan juga tanggal perusahaan atau bisnis berdiri. Ini ditujukan agar orang dapat mengenal bisnis Anda dengan lebih dalam.
- Informasi dasar tentang perusahaan; seperti deskripsi perusahaan, visi dan misi, penjelasan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, sejarah berdiri serta berkembangnya perusahaan atau bisnis, tim-tim inti, relasi publik, serta portfolio Beberapa hal mungkin sifatnya opsional, tergantung dari jenis usaha yang Anda jalankan.
- Pencapaian perusahaan; jika ada suatu pencapaian atau penghargaan yang pernah diraih perusahaan, maka dapat dicantukan dalam website, namun sifatnya bisa opsional tergantung jenis usaha. Anda dapat mencantumkan sertifikasi, penghargaan, testimoni serta pengakuan media.
Baca Juga: Harus Tahu, Inilah Beda Blog dan Website dari Berbagai Sisi
Cara Membuat Website Company Profile Terbaik
Lalu bagaimanakah cara untuk membuat website company profile yang baik? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:
1. Pemilihan platform website
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan platform mana yang akan Anda gunakan. Banyak yang merekomendasikan menggunakan WordPress untuk membuat website company profile.
Alasannya, sebanyak 30% website yang ada di dunia menggunakan WordPress, bahkan 60% pengguna CMS (Content Management System) di dunia adalah pengguna WordPress. Selain itu, WordPress akan memberi kemudahan bagi Anda untuk membuat tampilan website yang aplikatif dan user friendly. Di WordPress juga Anda lebih mudah untuk membuat widget-widget tanpa perlu mencari tau lebih dalam tentang bahasa pemrograman.
Kemudian, dalam pembuatan website company profile juga tidak banyak membutuhkan resource, di mana menu yang ditampilkan hanya sebatas hal-hal yang berkaitan dengan pengenalan perusahaan atau bisnisnya. Yang terpenting, isi dalam website harus detail agar perusahaan atau bisnis Anda lebih mudah dikenal dan dipercaya audiens.
2. Menentukan domain dan hosting
Kemudian, langkah selanjutnya untuk membuat website company profile terbaik, Anda juga harus menentukan domain. Domain ini adalah nama website Anda. Nama domain untuk company profile tidak bisa sembarangan. Sebisa mungkin buat nama domain yang memang menyebut nama perusahaan atau bisnis Anda, ataupun yang berkaitan dengan hal tersebut. Anda juga dapat melakukan pengecekan terlebih dulu apakah nama domain tersebut sudah digunakan atau belum, sebelum Anda mendaftarkan nama domain Anda.
Sedangkan hosting adalah tempat di mana Anda dapat menyimpan informasi, database, ataupun file, yang berisikan gambar, script, ataupun video yang Anda ingin tampilkan di website. Hosting dan domain ini diperlukan agar website Anda dapat diakses secara online.
3. Install WordPress
Nah, jika Anda memutuskan membuat website company profile dengan WordPress, Anda harus menginstall WordPress terlebih dulu di hosting Anda.
4. Login ke Dashboard WordPress
Setelah install WordPress, langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu login dan masuk ke dashboard admin WordPress. Di Dashboard ini Anda dapat mengelola website dengan mudah. Ada 3 bagian utama dalam Dashboard WordPress yaitu:
- Toolbar; berfungsi untuk mengelola profil website Anda. Toolbar berada di bagian pojok kanan, dan akan menampilkan notifikasi bila ada yang memberi komentar.
- Menu navigasi; menerbitkan blogpost, mengunggah media, mengelola komentar, menambah halaman, mengganti tema, memasang plugin dan juga mengganti pengaturan di WordPress bisa dilakukan melalui menu navigasi ini.
- Area kerja utama; di bagian ini dibagi menjadi 4 yaitu ada: At a Glance, yang akan menampilkan jumlah post, halaman, komentar, serta versi WordPress yang Anda pakai. Activity, yang menunjukkan informasi singkat mengenai post dan komentar baru. Quick Draft, di mana Anda dapat menuliskan ide artikel yang Anda miliki dan disimpan sebagai draft. Dan juga WordPress News, yang akan menampilkan berita terbaru yang berasal dari WordPress.
5. Memilih tema
WordPress membagi tema menjadi beberapa kategori, seperti kategori blog pribadi, traveling, kuliner, toko online dan juga perusahaan. Anda dapat memilih tema yang sudah tersedia melalui dasbor dengan cara:
- Mencari tema; Anda dapat menggunakan fitur filter tema untuk menemukan tema yang sesuai berdasarkan kategorinya. Anda juga dapat mencari tema dengan memasukkan keyword tertentu di bagian search theme.
- Install dan aktivasi tema; setelah menemukan yang sesuai, Anda dapat menginstall tema dan mengaktifkannya.
Untuk pemilihan tema, Anda bisa menyesuaikan dengan perusahaan Anda. Anda pun dapat mengunggah tema yang berasal dari pihak ketiga, namun pastikan Anda menggunakan tema yang resmi, bukan yang bajakan.
6. Melengkapi identitas perusahaan
Selanjutnya, dalam membuat website company profile terbaik, Anda harus memasukkan informasi tentang identitas perusahaan dengan lengkap seperti nama perusahaan, tagline, logo, dan lainnya.
Hal ini dilakukan agar pengunjung website dapat mengingat segala hal yang berkaitan dengan perusahaan ketika mereka membuka website Anda.
7. Membuat halaman
Minimal, ada 3 halaman yang wajib Anda buat dalam website company profile, yaitu halaman About Us, Contact Us dan juga produk atau jasa yang Anda miliki.
Halaman About Us atau Tentang Kami berisikan tentang profil perusahaan seperti sejarah, latar belakang perusahaan dan juga visi dan misi perusahaan. Halaman Contact Us atau Kontak Kami berisikan kontak perusahaan bila pengunjung ingin menghubungi perusahaan Anda. Sedangkan Halaman Produk dan Jasa berisikan penjelasan detail tentang produk atau jasa yang Anda miliki, disertai gambar ataupun ilustrasi.
Membuat halaman dapat dilakukan dengan cara: masuk ke Dashboard WordPress, pilih Page > Add New, dan tulis judul serta deskripsi halaman.
Baca Juga: 7 Hal Ini Harus Anda Lakukan Setelah Website Selesai Dibuat
8. Menambahkan menu
Agar pengunjung website bisa mudah menemukan informasi yang mereka cari, Anda dapat menambahkan menu, baik berupa menu utama di bagian atas ataupun footer menu yang berada di bagian bawah. Caranya, buka Customize, pilih Menu, tuliskan nama menu dan pilih letak menu, lalu Add Item.
Itulah beberapa hal terkait dengan website company profile terbaik, di mana Anda juga dapat menerapkan cara-cara di atas untuk membuat sebuah website perusahaan atau bisnis Anda.
Masih bingung mau bikin website company profile mulai dari mana? Anda bisa menggunakan layanan jasa Buzzup.id. Dapatkan harga terbaik untuk membangun website company profile disini.