Para pelaku usaha hari ini tentu sebaiknya mengenal berbagai jenis digital marketing. Pasalnya, pemasaran melalui digital lebih efektif dan tepat sasaran jika dibandingkan metode pemasaran yang digunakan di masa lalu. Hal ini juga tidak lepas dari semakin meningkatnya pengguna internet yang ada di tanah air saat ini.
Tentu pengguna sosial media yang semakin meningkat turut mempengaruhi keefektifan dari startegi digital marketing seperti ini. Tak hanya itu saja, pemasaran yang dilakukan secara digital juga dianggap lebih tepat sasaran dan sesuai dengan target pasar dari setiap bisnis yang dijalankan. Sayangnya, tidak semua pelaku usaha menyadari betul tentang pentingnya kehadiran digital marketing terhadap bisnis mereka.
Jika kamu memiliki sebuah usaha atau sedang merintis sebuah bisnis maka ada baiknya mengenal jenis digital marketing berikut ini.
Deretan Jenis Digital Marketing yang harus Dilalui
Search Engine Optimization (SEO)
Jenis pemasaran digital yang pertama ialah Search Engine Optimization atau lebih dikenal juga dengan istilah SEO. Kebanyakan pebisnis mengandalkan teknik SEO ini untuk mengoptimalkan mesin pencarian seperti Google ataupun Yahoo.
Penggunaan kata kunci tertentu merupakan salah satu teknik dari SEO ini. Pada umumnya ahli SEO akan membidik kata kunci tertentu sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan. Cara ini dilakukan agar halaman pencarian seperti Google dan lainnya bisa menempatkan bisnis tersebut di halaman teratas Google. Dengan demikian, orang-orang pun akan semakin mudah mengenal bisnis atau layanan tersebut.
Baca Juga: Tool Digital Marketing Penting yang Harus Dikuasai dan Dimiliki Para Pelaku Bisnis
Tidak bisa dipungkiri kehadiran ahli SEO berperan besar dalam meningkatkan penjualan bisnis atau layanan di internet hari ini. Banyaknya pengguna internet yang selalu mengandalkan mesin pencarian membuat sebuah bisnis akan lebih mudah dikenali jika menerapkan strategi SEO ini. Oleh sebab itu, dalam menjalankan sebuah bisnis ada baiknya mempertimbangkan penggunaan SEO sebagai salah satu strategi dalam pemasaran digital.
Search Engine Marketing (SEM)
Tak hanya SEO, kamu juga bisa melakukan pemasaran digital menggunakan Search Engine Marketing atau SEM. Sama halnya dengan SEO, SEM juga berfungsi untuk menempatkan produk atau bisnis kamu di halaman pertama pencarian Google. Namun, berbeda dengan SEO, SEM membutuhkan pendanaan atau biaya untuk menaruh bisnis kamu di halaman pertama mesin pencarian.
Ciri khas startegi pemasaran SEM ini dapat dilihat dari munculnya tulisan Ad atau Iklan pada sebuah mesin pencarian. Jadi, jika kamu ingin bisnis atau produk kamu bisa mencapai target secara maksimal maka silahkan membeli spot iklan melalui Google Ads. Beberapa pelaku bisnis juga sudah banyak yang bekerja sama para agency digital marketing untuk memasarkan produk dan bisnis mereka.
Social Media Marketing (SMM)
Jenis digital marketing selanjutnya ialah Social Media Marketing atau dikenal juga dengan sebutan SMM. Pemasaran digital lewat sosial media memang sangat efektif dilakukan saat ini. Bagaimana tidak, hampir seluruh lapisan masyarakat telah memiliki akun sosial media. Mulai dari anak-anak bahkan orang tua pun sudah melek dengan keberadaan dunia digital ini.
Oleh sebab itu, pemanfaatan sosial media sebagai wadah promosi berbasis digital atau online sangat berperan besar dalam meningkatkan hasil penjualan produk. Kehadiran sosial media juga dirasa lebih memudahkan pelanggan dan penjual saat saling berinteraksi satu sama lain. Untuk menjalankan teknik SMM ini maka kamu bisa menggunakan Instagram Ads, Facebook Ads hingga Twitter Ads.
Pay Per Click (PPC)
Pay Per Click atau PPC merupakan salah satu teknik digital marketing yang memanfaatkan jumlah klik dari setiap iklan yang terdapat pada sebuah website atau blog. Pada umumnya, besaran biaya yang dikeluarkan oleh setiap iklan bergantung dari kualitas website bisnis yang kamu miliki.
Content Marketing dan Viral Marketing
Content marketing juga menjadi salah satu jenis pemasaran digital yang semakin banyak diincar oleh banyak perusahaan besar maupun usaha yang baru dirintis saat ini. Kehadiran konten atau tulisan-tulisan yang berkualitas dari para content writer tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengakses website bisnis tersebut. Tidak bisa dipungkiri jika tulisan yang menarik bisa memicu orang lain yang membacanya untuk segera membeli atau menggunakan produk yang sedang dipasarkan lewat tulisan. Ruang lingkup dari content marketing ini tidak hanya terbatas pada konten berupa tulisan d blog ataupun caption di sosial media. Pemasaran digital ini juga bisa berupa banner, gambar, hingga video.
Selanjutnya ada pula yang disebut dengan viral marketing. Sesuai namanya, viral marketing merupakan konten yang sengaja dibuat untuk memiliki tingkat keviralan yang tinggi di dunia maya. Seperti yang telah diketahui jika kebanyakan pengguna internet dan sosial media di tanah air memang sangat menyukai berbagai jenis konten yang viral seperti tulisan yang berisikan informasi yang unik hingga video-video lucu.
Baik content marketing maupun viral marketing sama-sama memiliki kesulitan dalam proses pembuatannya. Oleh sebab itu, kamu perlu mempelajari lebih dalam lagi tentang kedua jenis skill ini.
Email Marketing
Meskipun terkesan kuno dan ketinggalan zaman, faktanya email marketing masih sangat berpengaruh dalam memasarkan sebuah produk ataupun layanan. Hingga hari ini email masih sering digunakan oleh berbagai jenis kalangan, oleh sebab itu banyak brand-brand ternama maupun perusahaan besar lainnya memanfaatkan kehadiran email marketing ini.
Baca Juga: Panduan Email Marketing untuk Bisnis yang Perlu Diterapkan!
Influencer Marketing
Kehadiran influencer di berbagai sosial media juga turut mendongkrak penjualan sebuah brand. Beberapa Selebgram, Selebtiktok hingga Youtuber pun bisa meraih banyak penghasilan hanya dari mempromosikan sebuah jasa ataupun produk di akun mereka masing-masing.
Sesuai namanya yaitu influencer, maka para Selebgram maupun Youtuber ini memiliki tujuan untuk mempengaruhi para followers atau subscribersnya untuk membeli produk yang mereka promosikan tersebut. Jika kamu baru merintis sebuah usaha berupa produk ataupun layanan maka tidak ada salahnya untuk bekerja sama dengan para influencers ternama dan berpengalaman. Hal ini juga menjadi langkah awal dalam memperkenalkan produk dan brand kamu ke berbagai lapisan masyarakat lewat jalur digital.
Ada cukup banyak jenis digital marketing yang bisa dicoba oleh para pelaku bisnis maupun individu yang ingin mengangkat awareness mereka. Lebih dari itu, digital marketing memiliki andil yang cukup cepat mencapai goals dibandingkan dengan strategi marketing konvensional. Asalkan strategi yang dilakukan cukup tepat.
Jika Anda masih bingung mau menggunakan strategi digital marketing seperti apa dari berbagai jenis digital marketing yang ada. Anda bisa menyesuaikan dengan budget atau dimana calon konsumen Anda berkumpul. Sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menentukan strategi digital marketing yang seperti apa.
Mau tahu layanan digital marketing dari Buzzup.id? Yuk cek langsung ke web Buzzup.id untuk menemukan ide yang tepat.