Aktivitas pemasaran suatu produk adalah hal yang penting bagi sebuah bisnis. Dengan menerapkan strategi yang tepat, maka bisnis akan berkembang dan dikenal oleh banyak orang. Walaupun begitu, dalam penerapan strategi pemasaran bisa dibilang punya tantangan tersendiri.
Strategi pemasaran sendiri adalah usaha yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa dengan menerapkan cara-cara tertentu agar penjualan dapat meningkat. Tujuan utama dari strategi pemasaran produk adalah meningkatkan kualitas koordinasi dari tim marketing, sebagai tolak ukur hasil pemasaran berdasar standar yang sudah ditentukan, meningkatkan kemampuan beradaptasi jika terjadi perubahan di pemasaran dan juga menjadi dasar untuk pengambilan keputusan. Tentunya hal ini semua akan berujung pada tujuan meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis.
Aktivitas Pemasaran Suatu Produk
Berikut ini adalah beberapa aktivitas pemasaran suatu produk yang harus dilakukan agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai:
1. Riset pasar
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar dan tentukan siapa target pasar dari bisnis Anda. Semakin spesifik target yang Anda tentukan, maka semakin besar juga bisnis Anda akan lebih sukses. Ini juga berkaitan dengan tingkat persaingan di segmentasi tersebut yang cenderung jadi semakin sempit, sehingga potensi bisnis Anda lebih sukses pun bisa lebih besar.
Baca Juga: 8 Cara Membuat Campaign Online untuk Promosi Produk
2. Optimalkan pemasaran lewat media sosial
Sekarang ini bisa dibilang media sosial adalah alat pemasaran yang cukup ampuh, karena kebanyakan orang sekarang aktif menggunakan media sosial, di segala usia, jenis kelamin ataupun latar belakangnya.
Itulah kenapa, sebagai pebisnis pun Anda harus mampu mengoptimalkan pemasaran lewat media sosial. Dengan car aini, Anda bisa menjalin interaksi yang lebih luas dengan beragam kalangan. Penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran pun tidak butuh biaya yang mahal, dan tingkat visibilitasnya cenderung lebih tinggi.
Anda dapat menerapkan strategi sosial media marketing yang tepat agar dapat membawa bisnis Anda dapat berkembang dan sukses.
3. Menjalin interaksi baik dengan konsumen
Interaksi yang brand atau perusahaan Anda lakukan kepada konsumen akan membuat konsumen dapat lebih loyal pada bisnis Anda.
Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah menjaga agar pelanggan yang sudah pernah membeli atau menggunakan produk atau jasa bisnis Anda tetap setia pada Anda. Caranya dengan memberikan ‘penghargaan’ pada konsumen loyal, seperti pemberian hadiah secara langsung.
4. Menawarkan produk gratis
Aktivitas pemasaran suatu produk yang juga dianggap efektif untuk menarik konsumen adalah dengan memberikan produk gratis. Misalnya, ketika ada sebuah event, Anda dapat menawarkan sample kepada calon konsumen agar mereka dapat mencoba produk Anda terlebih dulu.
Atau bila bisnis Anda berkaitan dengan penjualan jasa, maka Anda bisa menawarkan free trial untuk menarik minat calon pelanggan Anda.
5. Memanfaatkan teknik pemasaran mulut ke mulut
Tidak sedikit orang yang lebih mempercayai omongan orang terkait pengalaman mereka menggunakan suatu produk atau jasa dibandingkan hanya melihat sebuah iklan. Bisa dibilang, teknik pemasaran mulut ke mulut ini bisa jadi salah satu strategi efisien untuk memasarkan produk atau jasa Anda.
Hal ini dilakukan ketika konsumen pernah membeli produk atau menggunakan jasa Anda, kemudian merasa puas dan memberitaukan pada calon konsumen lain, hingga akhirnya ia melakukan pembelian produk atau jasa tersebut.
Bukan hanya akan meningkatkan penjualan saja, namun brand atau produk atau jasa yang Anda jual pun akan lebih dikenal luas.
6. After sales service
Aspek penting yang juga harus diperhatikan oleh sebuah bisnis adalah after sales service yang baik. After sales service adalah pelayanan tambahan yang diberikan setelah konsumen melakukan pembelian produk.
After sales service yang baik akan membuat konsumen berkemungkinan kembali menggunakan produk atau jasa Anda, karena mereka merasa puas dengan pelayanan Anda.
Baca Juga: Mengenal 7 Manfaat Pemasaran Digital Untuk Bisnis
7. Bonus untuk rekomendasi
Hampir serupa dengan pemasaran mulut ke mulut, testimoni atau rekomendasi pun bisa jadi cara tepat untuk meraih kepercayaan calon konsumen dan membuat mereka tertarik melakukan pembelian produk atau jasa yang Anda jual.
Nah, konsumen yang telah memberi testimoni atau rekomendasi ini dapat Anda berikan bonus atau insentif. Tidak selalu berupa uang, Anda pun dapat memberi hadiah berupa produk ataupun potongan harga.
Beberapa aktivitas pemasaran suatu produk di atas dapat Anda coba dalam bisnis Anda, untuk membantu Anda meningkatkan penjualan produk atau jasa dari bisnis Anda.