Aplikasi email marketing merupakan salah satu jenis aplikasi yang digunakan untuk memperluas jangkauan pemasaran bisnis sebuah perusahaan. Email marketing pada dasarnya sama dengan email biasa yang sering digunakan. Namun, jika menelisik lebih jauh, isi email marketing lebih mengarah kepada tujuan pemasaran jasa atau produk.
Secara lebih spesifik, aplikasi email marketing berisikan konten yang bersifat persuasif atau ajakan untuk membeli dan menggunakan sebuah layanan atau barang.
Apa itu Aplikasi Email Marketing?
Secara sederhana, aplikasi email marketing merupakan sebuah software yang memudahkan kampanye marketing yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan menggunakan software ini maka Anda pun bisa mengatur koneksi bisnis Anda dengan para calon konsumen dan pelanggan lewat email.
Membuat list kontak tentu membutuhkan waktu yang lama terlebih jika Anda ingin mengirimkan email marketing hingga ke ribuan audiens. Oleh sebab itu, kehadiran aplikasi email marketing menjadi solusi yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda lewat surat elektronik. Berbagai fitur di dalamnya akan membantu Anda untuk mengirimkan surat elektronik hingga ke banyak konsumen.
Fitur penting lainnya yang bisa Anda nikmati lewat aplikasi ini di antaranya seperti insight atau informasi performa email pemasaran yang telah dikirimkan. Sehingga, aplikasi ini akan langsung melacak siapa saja yang telah membaca dan mengklik link yang terdapat di dalam surel. Dengan demikian, Anda pun dapat mengetahui sejauh mana performa kampanye email yang telah Anda lakukan.
Baca Juga: Panduan Email Marketing untuk Bisnis yang Perlu Diterapkan!
Keunggulan Aplikasi Email Marketing
Meskipun menggunakan email marketing dianggap terlalu kuno untuk mempromosikan sebuah bisnis, akan tetapi hingga hari ini email marketing masih tetap efektif untuk digunakan. Faktanya, hampir semua orang memiliki akun email dibandingkan akun sosial media lainnya. Oleh sebab itu, menggunakan aplikasi marketing masih tetap diandalkan oleh para pebisnis. Adapun, beberapa keunggulan dari software ini di antaranya ialah sebagai berikut:
Jangkauan promosi email marketing lebih luas
Email marketing pada dasarnya telah menyebar secara global sehingga jangkauan promosi pun menjadi lebih luas. Tak hanya untuk wilayah Indonesia, email marketing juga bisa Anda kirimkan ke konsumen yang berasal dari luar negeri.
Sistem email marketing cukup simple, para pelanggan hanya perlu memasukkan alamat email mereka ke akun perusahaan Anda. Setelah itu, pelanggan pun akan menerima email pemasaran dari Anda. Umumnya, isi email cukup beragam, mulai dari informasi diskon, give away, produk terbaru dan beragam informasi penting lainnya yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Mampu merespon konsumen secara otomatis
Yang menarik dari email marketing ialah karena hadirnya fitur respon otomatis. Sekalipun ribuan pelanggan mengirimkan email kepada Anda, aplikasi email marketing akan langsung membalas email mereka secara otomatis dalam waktu bersamaan. Anda hanya perlu melakukan pengecekan sewaktu melakukan monitoring lewat email marketing bisnis. Dengan begitu, Anda pun akan memiliki waktu yang lebih fleksibel dalam memantau performa bisnis Anda.
Biaya email marketing cukup terjangkau
Jika dibandingkan promosi digital marketing lainnya, email marketing memiliki biaya yang cukup murah. Tidak bisa dipungkiri kemajuan era digital membuat banyak orang membutuhkan jasa digital marketing. Oleh sebab itu, tarif digital marketer juga cukup mahal. Biaya ini tentu akan berbeda jauh jika Anda menggunakan email marketing.
Meskipun murah, kualitas yang diberikan tentu tidak murahan. Buktinya, hingga hari ini banyak kalangan pebisnis online yang tetap mengandalkan email marketing. Kelebihan dari segi harga yang relatif murah ini membuat membuat para pebisnis lebih memilih menggunakan aplikasi email marketing.
Baca Juga: 7 Jenis Digital Marketing untuk Strategi Digital
Kesimpulan
Secara keseluruhan, strategi pemasaran menggunakan aplikasi email marketing memang terbukti lebih efektif jika dibandingkan jenis pemasaran menggunakan platform lainnya. Tak hanya soal biaya yang murah, fitur-fitur yang diberikan termasuk sangat lengkap terutama dalam hal pengelompokan konten yang disesuaikan dengan minat audiens.
Komunikasi yang baik antara brand dan konsumen lewat aplikasi email marketing juga menjadi faktor yang sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas mereka. Oleh sebab itu, banyak pengusaha yang tetap menggunakan aplikasi yang satu ini untuk memperluas jangkauan bisnisnya. Sekalipun, kampanye pemasaran menggunakan email dianggap ketinggalan zaman, akan tetapi strategi tersebut masih tetap efektif untuk digunakan seperti saat sekarang ini.