Menjalankan bisnis di masa pandemi dan darurat perpanjangan PPKM ini membuat para pelaku bisnis memutar otak untuk tetap membuat bisnisnya tetap berjalan. Karena selain pembatasan waktu buka banyak hal yang sulit dilakukan dengan adanya virus Covid-19 yang masih menghantui diluar sana.
Perkembangan zaman banyak menumbuhkan marketing tools bisnis yang dapat mempermudah dan membantu mengemas pemasaran produk menjadi lebih menarik. Dengan harapan dapat membantu meningkatkan persentase keberhasilan sebuah bisnis terus eksis walaupun dimasa pandemi seperti sekarang ini.
Namun masih banyak yang belum menggunakan bahkan belum tahu sama sekali mengenai marketing tools. Padahal hal ini bisa sangat membantu para pelaku bisnis melakukan aktivitas dengan lebih mudah, cepat dan akurat. Ingin tahu apa saja marketing tools tersebut? Simak artikel ini sampai habis.
Pengertian Marketing Tools Bisnis
Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai rekomendasi marketing tools bisnis, ada baiknya para pelaku bisnis tahu tentang pengertiannya. Marketing tools merupakan alat yang dipakai untuk mengembangkan dan mempromosikan produk dan jasa mereka. Dalam hal ini, kata ‘alat’ mengarah pada teknik atau metode, strategi, dan bahan.
Sebagian besar pelaku usaha menggunakan beberapa marketing tools yang masing-masing berbeda, seperti periklanan, direct message, dan riset pasar untuk meningkatkan penjualan mereka.
Beberapa di antaranya dirancang khusus untuk mendongkrak penjualan, sementara yang lain fokus mengumpulkan data konsumen. Penting untuk mengetahui tools mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Dalam kebanyakan kasus, orang menggunakan beberapa marketing tools secara bersamaan.
Marketing tools bisnis adalah sebuah alat yang digunakan perusahaan atau sebuah bisnis guna membantu dan memudahkan aktifitas, mengembangkan produk bahkan meningkatkan pelayanan.
Beberapa perusahaan bahkan bisa saja sangat bergantung pada marketing tools karena memang dengan menggunakannya digadang-gadang mampu meningkatkan kinerja bahkan meningkatkan penjualan jika dibalut dengan treatment yang tepat.
Baca Juga: Ketahui Segala Hal Penting Tentang Content Marketing Bisnis Berikut Ini!
Fungsi Marketing Tools Bisnis
Marketing tools sendiri sangat beragam jenis dan fungsinya seperti pada dunia pemasaran kamu dapat menggunakan tools direct mail sebagainya yang dapat memudahkan mengirim pesan atau penawaran secara banyak sekaligus. Selain itu ada juga tools yang dapat membantu untuk riset pasar dan kompetitor.
Bahkan bagi para pelaku bisnis yang bingung untuk membuat desain sebuah produk atau brand kini juga banyak tersedia tools yang dapat membantu hal tersebut. Selain memotong biaya dan waktu dengan begitu pelaku bisnis dapat memasarkan produknya secara dengan lebih kekinian.
Bahkan adajuga marketing tools yang berfungsi untuk mengumpulkan data konsumen. Selain untuk asset perusahaan data konsumen yang belum closing bisa diolah lagi di lain hari mungkin dengan produk yang berbeda atau cara yang berbeda.
Maka dari itu para pelaku bisnis wajib banget tahu beberapa rekomendasi tools marketing yang kerap digunakan oleh pebisnis sukses khususnya di Indonesia. Karena hal ini dapat membantu aktifitas dan menunjang peluang keberhasilan pemasaran sebuah produk.
Rekomendasi Marketing Tools Bisnis
Berikut ini adalah beberapa rekomendasi marketing tools yang akan dibahas secara lebih rinci untuk mempermudah Anda untuk memulai bisnis.
1. Google Analytics
Jika Anda memiliki sebuah bisnis online atau perusahaan Anda memiliki situs web, maka Google Analytics sangat berguna. Tools ini dapat memberi Anda gambaran tentang dari mana pengunjung Anda berasal.
Selain itu, Google Analytics juga mampu memberi tahu Anda jenis orang yang mengunjungi, dan konten mana di situs web Anda yang memiliki kinerja terbaik.
Anda juga dapat memakai Google Analytics untuk menghitung keluar masuknya pengunjung. Data ini akan membantu Anda menyiapkan sasaran konversi. Beberapa poin data yang disediakan Google Analytics untuk Anda, meliputi:
- Jumlah pengunjung situs Anda berdasarkan harian, mingguan, bulanan, atau periode waktu yang Anda pilih.
- Dari mana pengunjung ini berasal – rujukan dari situs web lain, organic search, ads, sosial, atau langsung.
- Keyword yang dipakai orang di Google untuk menemukan situs Anda.
- Demografi dan minat pengguna Anda.
- Berapa lama waktu yang dihabiskan setiap pengguna di situs Anda dan halaman mana yang mereka kunjungi.
Semua informasi ini menarik merupakan pengetahuan penting yang dapat membantu Anda mengoptimalkan situs web dan marketing campaign. Misalnya, Anda mungkin memperhatikan melalui Search Console atau Analytics bahwa Anda mendapatkan banyak trafik dari kata kunci yang tidak mencakup konten.
Maka, tulis posting blog yang dioptimalkan untuk kata kunci itu dan perhatikan trafik serta tingkat keterlibatan Anda akan meroket.
2. Trello
Marketing tools bisnis yang kedua adalah trello. Tools ini merupakan alat pemasaran digital yang membantu Anda mengelola proyek dan tetap berada di halaman yang sama dengan tim Anda.
Misalnya, Anda dapat membagikan posting blog di Trello sebelum Anda mempublikasikannya. Dengan begini, maka tim Anda mendapat kesempatan untuk meninjau pos, mengelompokkan kategori, bahkan mengatur notifikasi deadline.
Apabila Anda ingin membuat strategi content marketing melalui blog, maka Anda cukup membuat satu board khusus yang berbentuk seperti kartu, dan tambahkan list seperti ‘ide’, ‘sedang dikerjakan’, ‘proses peninjauan’, ‘proses unggah’, dan ‘selesai’.
3. Mailchimp
Dengan lebih dari 12 juta pengguna, MailChimp telah mengklaim posisinya sebagai salah satu penyedia e-mail marketing dan digital marketing tools teratas dan terpopuler di dunia.
Meskipun ada alternatif lain, tools ini tetap menjadi salah satu yang terbaik, karena berbagai alasan. Yang pertama, sudah jadi tools pionir sejak tahun 2001, jauh sebelum sebagian besar perusahaan mulai menggunakan pemasaran e-mail.
Kedua, fitur-fitur menarik yang membuat Anda dapat dengan cepat menemukan jawaban atas semua permasalahan Anda. Alasan ketiga adalah tersedianya paket gratis untuk mereka yang memiliki kurang dari 2.000 pelanggan dan mereka yang tidak mengirim lebih dari 12.000 e-mail per bulan.
Saat memulai bisnis, kecil kemungkinan Anda akan memiliki lebih dari 2.000 pelanggan. Untuk alasan ini, Anda dapat menggunakan MailChimp pada awal bisnis berdiri. Buat Anda yang minim budget tidak perlu risau, karena Mailchimp dapat diakses secara gratis.
4. Yoast SEO
Buat apa waktu yang Anda habiskan untuk meneliti kata kunci dan topik jika Anda tidak mengoptimalkan konten Anda dengan benar? Hal itulah yang kadang terlupakan.
Yoast SEO adalah salah satu marketing tools bisnis terbaik untuk mengoptimalkan konten berdasarkan SEO karena menawarkan versi gratis. Tools ini akan memberi tahu Anda di mana penempatan kata kunci Anda, cara meningkatkan keterbacaan, dan mungkin yang paling penting, memberi tahu Anda letak kesalahannya sehingga Anda dapat memperbaiki kesahalan tersebut.
5. Canva
Anda membutuhkan tampilan visual untuk membuat audiens Anda tetap terlibat. Misalnya, Anda dapat menggunakan foto atau gambar berkualitas untuk membuat pembaca tetap tertarik.
Nah, untuk itu Canva hadir untuk membantu Anda membuat konten asli yang menarik secara visual hanya dalam waktu yang relatif singkat. Sampai saat ini, canva terus dikembangkan agar dapat menawarkan lebih banyak tools dan template desain grafis setiap saat.
Seperti media sosial, infografis, poster pemasaran, ID-Card, e-book, dan apa pun yang mungkin Anda perlukan. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh template gratis dari Canva yang akan sangat berguna untuk keperluan desain bisnis Anda.
Masukkan gambar atau foto di ponsel Anda, unggah dan poles gambar Anda sendiri, atau bahkan buat yang baru. Yang terpenting, Anda tidak perlu memiliki pengalaman desain grafis khusus untuk membuat grafis berkualitas tinggi.
Dengan fitur drag and drop yang mudah digunakan, Canva membantu Anda dengan berbagai opsi pengeditan foto, palet warna, kombinasi font, efek, dan ukuran gambar khusus.
Dengan versi berbayar, Anda dapat menambahkan kata kunci terkait, mencari kata kunci semantik di dalam plug-in, mendapatkan saran tautan internal secara instan, dan banyak lagi.
Baca Juga: Kenali Apa Itu Digital Marketing, Kelebihan dan Strateginya
Nah, demikianlah beberapa rekomendasi marketing tools bisnis yang bisa Anda coba. Rekomendasi tools di atas tentu akan sangat berguna untuk memulai atau mengembangkan usaha Anda. Namun, pastikan untuk mempelajarinya dulu!
Jika Anda tidak sempat mempelajarinya dan membutuhkan layanan digital marketing, Anda bisa berkolaborasi dengan Buzzup.id. Sebagai Creative Digital Agency Buzzup.id selalu memberikan layanan digital marketing yang paling cocok dengan bisnis Anda.