Dalam dunia digital marketing memang terdapat beberapa jenis metrik yang perlu diterapkan untuk mengukur kesuksesan iklan yang sedang dijalankan. Selain memahami metrik berupa impressions, CTR dan convension rate yang sudah cukup umum dikenal dalam bidang advertising, Anda juga perlu mengenal apa itu ROAS.
ROAS termasuk salah satu metrik yang sangat penting dalam mengukur keefektifan campaign iklan dalam bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah biaya iklan yang dikeluarkan setimpal dengan hasil yang diterima.
Apa Itu ROAS atau Return on Ad Spend?
ROAS atau Return on Ad Spend merupakan cara yang dilakukan untuk mengukur efektifitas digital campaign yang dijalankan. Dengan mengetahui ROAS ini maka Anda pun bisa mengukur performa tiap iklan yang dipasang dan bagaimana pengaruh kinerja iklan tersebut terhadap bisnis Anda.
Menerapkan ROAS dapat diibaratkan berinvestasi lewat berlian atau barang-barang berharga lainnya. Tentu Anda mengharapkan return yang tinggi agar tidak mengalami kerugian. Begitu halnya dengan ROAS. Perusahaan perlu untuk terus melakukan evaluasi agar biaya yang dikeluarkan setimpal dengan hasil yang didapatkan.
Baca Juga: Sudah Tau Perbedaan PPC dan CPC? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Pentingnya Menghitung ROAS
Pada dasarnya, terdapat berbagai macam metrik iklan online atau advertising lainnya yang bisa Anda perhatikan untuk mengoptimasi campaign bisnis Anda. Meskipun demikian, Anda tetap perlu untuk menghitung ROAS.
Tanpa menghitung dan mengetahui return on ad spend maka Anda tidak akan mendapatkan informasi yang valid dan komprehensif dalam menentukan perubahan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja campaign iklan Anda.
Menghitung ROAS sangatlah penting untuk dilakukan agar Anda bisa mengobservasi sejauh mana pengaruh iklan yang Anda jalankan dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
Cara Meningkatkan ROAS
Setelah mengetahui dan memahami apa itu ROAS dan seberapa pentingnya menghitung ROAS, selanjutnya mari membahas tips-tips dalam mengoptimasi ROAS.
1. Memperhatikan Akurasi
Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan ROAS ialah dengan memperhatikan keakuratan ROAS yang Anda dapatkan. Tanpa penghitungan yang akurat dan teliti maka akan sulit untuk mengkalkulasi metrik campaign yang dijalankan.
Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan apakah Anda telah menyertakan semua pengeluaran untuk beriklan atau apakah Anda perlu untuk menyertakan data penjualan offline atau profit yang didapatkan secara tidak langsung lainnya.
2. Mengurangi Pengeluaran Iklan
Biaya kecil yang dikeluarkan untuk campaign iklan tentu akan berpengaruh dalam peningkatan ROAS Anda. Agar pengeluaran iklan Anda menjadi lebih efisien, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.
- Mengurangi Biaya Pengerjaan Campaign
Anda bisa menggunakan jasa digital advertising dalam menjalankan campaign iklan Anda. Selain lebih efektif, jas digital advertising juga lebih menghemat waktu dan tenaga Anda.
- Memperkecil Target Audience
Target audience yang lebih specifik ternyata mampu mengurangi biaya iklan Anda. Selain itu, target audience yang kecil juga berpengaruh besar dalam meningkatkan potensi konversi dari iklan tersebut.
- Menerapkan A/B Testing
Jika ingin mencari tahu jenis iklan mana yang paling efektif, cobalah untuk menerapkan A/B Testing. Hasil eksperimen yang didapatkan dari metode ini dapat membantu Anda untuk memilih iklan mana yang harus dinonaktifkan dan iklan mana yang harus terus diaktifkan.
3. Mengidentifikasi Isu yang Tidak Berkaitan dengan Campaign
Anda juga perlu mengetahui bahwa ROAS yang rendah juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal dari campaign iklan yang dijalankan. Sebagai contoh, saat ROAS Anda rendah tetapi mendapatkan hasil penjualan yang tinggi maka bisa jadi harga produk yang Anda pasarkan terlalu rendah. Begitu halnya saat ROAS Anda rendah tapi CTR atau click through rate-nya tinggi, maka kemungkinan besar iklan yang dijalankan memiliki beberapa issue seperti berikut:
- Kurang tepat melakukan copy iklan
- Kualitas landing page rendah atau CTA uang digunakan kurang jelas
- Proses checkout barang yang terlalu rumit
- Harga barang yang terlalu tinggi bagi konsumen
Saat menghadapi issue seperti di atas, cobalah untuk melakukan evaluasi pada setiap campaign iklan yang dijalankan. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan iklan campaign lainnya pada bisnis Anda.
Nah, demikianlah informasi mengenai apa itu ROAS dan seberapa pentingnya ROAS dalam menjalankan sebuah campaign iklan bisnis. Semoga artikel  yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk Anda.